Home » , , , » Contoh Program KTSDP SD/MI Format Words

Contoh Program KTSDP SD/MI Format Words

Contoh Program KTSDP SD/MI Format Words - Contoh KTSP ini merupakan contoh KTSP Hasil Revisi 2016/2017 yang dapat di gunakan untuk tahun ajaran baru dengan format file menggunakan Microsoft Words agar mudah untuk di edit dan di kembangkan lagi sesuai dengan program sekolah masing-masing.

Untuk Lebih jelasnya lihat paparan atau isi secara garis besar uraian Contoh KTSP di bawah ini :

A. Latar Belakang

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Serta Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendikan Nasional menyebutkan “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”

Download Contoh KTSP SD Hasil Revisi 2016/2017

























Kurikulum Sekolah Dasar Negeri ............................ merupakan kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri ........................ .Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan.

Seiring dengan perjalanan perkembangan pendidikan di Indonesia, aspek kognitif lebih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran. Aspek afektif kurang mendapat perhatian, sehingga perilaku peserta didik dan masyarakat mengalami kemunduran dalam hal moral. Untuk itu perlu adanya pendidikan karakter yang diintegrasikan ke dalam kurikulum.

Kurikulum Sekolah Dasar Negeri ................................ dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah di bawah koordinasi dan supervisi Suku Dinas Pendidikan Kota Administrasi, serta dengan bimbingan nara sumber ahli pendidikan dan pembelajaran dari Tim Pengembang Kurikulum.

B. Tujuan Pengembangan Kurikulum

Kurikulum Sekolah Dasar Negeri ............................. disusun sebagai acuan pelaksanaan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri .............................. agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :

1. belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
2. belajar untuk memahami dan menghayati,
3. belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
4. belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
5. belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

C. Prinsip Pengembangan Kurikulum

Kurikulum Sekolah Dasar Negeri .................................. dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah. Pengembangan kurikulum Sekolah Dasar Negeri ................................. mengacu pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan, seta berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP dengan memperhatikan pertimbangan komite sekolah. Penyusunan kurikulum dikoordinasikan dan disupervisi oleh dinas pendidikan provinsi.

Kurikulum Sekolah Dasar Negeri .......................... dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:

1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2. Beragam dan Terpadu
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
4. Relevan dengan Kebutuhan Kehidupan
5. Menyeluruh dan Berkesinambungan
6. Belajar Sepanjang Hayat
7. Seimbang Antara Kepentingan Nasional dan Kepentingan Daerah

Untuk lebih jelasnya silahkan download file Contoh Program KTSDP SD/MI Format Words di tautan link di bawah ini;        
Silahkan download filenya di bawah ini :