Contoh KI dan KD SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Format Words - Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah "Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya". Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah "Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya". Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah "Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya". Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah "Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya". Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Contoh KI dan KD SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2016 - Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Contoh KI dan KD SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2016 Semua Mapel
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4. menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 memahami cara perkembang-biakan tumbuhan dan hewan | 4.1 menyajikan karya perkembangbiakan tumbuhan |
3.2 memahami ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dan hubungannya dengan kesehatan reproduksi | 4.2 menyajikan karya tentang ciri-ciri pubertas dan cara menyikapinya |
3.3 memahami cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan | 4.3 menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya sebagai hasil penelusuran dari berbagai sumber |
3.4 menganalisis komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana | 4.4 membuat rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel |
- KI-KD Mapel Matematika Kurikulum 2013
- KI-KD Mapel IPA Kurikulum 2013
- KI-KD Mapel IPS Kurikulum 2013
- KI-KD Mapel SBDP Kurikulum 2013
- KI-KD Mapel PJOK Kurikulum 2013
- KI-KD Mapel Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013
- KI-KD Mapel Pendidikan Agama Kristen Kurikulum 2013
- KI-KD Mapel Pendidikan Agama Katolik Kurikulum 2013
- KI-KD Mapel Pendidikan Agama Hindu Kurikulum 2013
- KI-KD Mapel Pendidikan Agama Budha Kurikulum 2013
- KI-KD Mapel Pendidikan Agama Khonghucu Kurikulum 2013
- KI-KD Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013
- KI-KD Mapel PPKn Kurikulum 2013