SILABUS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
(SD/MI)
TEMATIK TERPADU
DAFTAR ISI
I. PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Karakteristik Mata Pelajaran di SD
C. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu
D. Pengembangan Silabus Tematik
E. Pembelajaran dan Penilaian
II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kelas I
Tema 1 : Diriku
Tema 2 : Kegemaranku
Tema 3 : Kegiatanku
Tema 4 : Keluargaku
Tema 5 : Pengalamanku
Tema 6 : Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri.
Tema 7 : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Tema 8 : Peristiwa Alam
B. Kelas II
Tema 1 : Hidup Rukun
Tema 2 : Bermain di Lingkunganku
Tema 3 : Tugasku Sehari-hari
Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat
Tema 5 : Aku dan Sekolahku
Tema 6 : Air, Bumi, dan Matahari
Tema 7 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan
C. Kelas III
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Tema 4 : Hak dan Kewajibanku
Tema 5 : Perubahan Cuaca
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Tema 8 : Praja Muda Karana
D. Kelas IV
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Tema 4 : Berbagai pekerjaan
Tema 5 : Pahlawanku
Tema 6 : Indahnya Negeriku
Tema 7 : Cita - citaku
Tema 8 : Tempat Tinggalku
Tema 9 : Makananku Sehat dan Bergizi
E. Kelas V
Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia
Tema 2 : Udara Bersih
Tema 3 : Makanan Sehat
Tema 4 : Organ Peredaran Darah Hewan dan Manusia
Tema 5 : Ekosistem
Tema 6 : Kalor dan Perpindahannya
Tema 7 : Benda-benda di Sekitar
Tema 8 : Peristiwa dalam Kehidupan
Tema 9 : Lingkungan Sahabat Kita
F. Kelas VI
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Tema 2 : Persatuan dalam Perbedaan
Tema 3 : Tokoh dan Penemuan
Tema 4 : Globalisasi
Tema 5 : Wirausaha
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sehat
Tema 7 : Kepemimpinan
Tema 8 : Bumiku
Ahli pendidikan Piaget membagi tahap perkembangan kognitif dalam 4 tahapan, yaitu tahap sensorimotor, tahap pra-operasional, operasional konkret, dan operasional formal. Usia sekolah dasar umumnya 7 sampai 12 tahun masuk pada tahap operasional konkret dimana anak belum bisa memahami problem abstrak, segala sesuatu akan bermakna bila dikaitkan dengan objek konkret (nyata) yang mereka temui sehari-hari. Untuk itu pembelajaran yang cocok di SD menggunakan pendekatan tematik. Pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran dalam berbagai tema. Shoemaker (1989) mendefinisikan kurikulum terintegrasi (tematik) sebagai “...pendidikan yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga melintasi garis-garis batas mata pelajaran, membawa bersama beragam aspek kurikulum ke dalam asosiasi yang bermakna agar terfokus kepada bidang-bidang studi yang luas. Ia memandang belajar dan mengajar secara holistik dan merefleksikan dunia nyata, yang interaktif”.
Baca Juga Sillabus Kurikulum 2013 Lengkap SD SMP SMA Format Words ➥Downlod Disini
Baca Juga Sillabus Kurikulum 2013 Lengkap SD SMP SMA Format Words ➥Downlod Disini
Pembelajaran dengan pendekatan tematik ini mencakup kompetensi mata pelajaran yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Sedangkan mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti tidak termasuk mata pelajaran dalam tematik. Pembelajaran tematik dilaksanakan di semua kelas di SD baik di kelas I-III (kelas rendah) maupun kelas IV–VI (kelas tinggi). Di kelas rendah belum ada mata pelajaran IPA dan IPS yang berdiri sendiri namun muatan IPA dan IPS diintegrasikan ke dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.
Pendekatan ini dimaksudkan agar peserta didik tidak belajar secara parsial sehingga pembelajaran dapat memberikan makna yang utuh pada peserta didik seperti yang tercermin pada berbagai tema yang tersedia. Tema yang pilih sedapat mungkin didekatkan dengan hal-hal yang dialami peserta didik. Pembelajaran tematik disusun berdasarkan berbagai proses integrasi yaitu integrasi intradisipliner, multi-disipliner inter-disipliner, dan trans-disipliner.
Silabus tematik yang dikembangkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan merupakan suatu model, satuan pendidikan dapat mengembangkan silabus tematik dengan mengambil tema yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan. Satuan pendidikan juga dapat langsung menggunakan model silabus ini atau dapat juga dengan mengadaptasi sesuai karakteristik satuan pendidikan. Selain itu, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu dapat menggunakan Silabus Mata Pelajaran di SD/MI yang terpisah dari dokumen ini.
Untuk lebih jelasnya tentang Silabus Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah SD/MI Tematik Terpadu Silahkan download filenya ditautan di bawah ini :